FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa
Informasi :
KEPALA DESA DAN BPD
2018-11-16 18:57:22 - by : admin
oleh: Dr. H. Sutoro Eko, Guru Desa

Saya membagi empat tipe relasi kuasa antara kepala desa (KD) dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berdasarkan dua variabel: konsensus kolektif dan kontrol BPD.

Pertama, pola relasi yang dominatif dengan ciri tidak ada konsensus kolektif antara KD dan BPD serta tidak ada kontrol BPD pada KD. KD sangat dominan hadir sebagai penguasa tunggal.

Kedua, pola relasi yang kolutif: konsensus kolektif kuat dan kontrol BPD yang lemah. Konsensus kolektif itu dalam pengertian transaksi dan kolusi antara KD dengan BPD dalam melakukan perampasan atas hajat hidup orang banyak.

Ketiga, pola relasi yang konfliktual: konsensus kolektif lemah, kontrol BPD kuat. BPD sangat aktif dan cerewet, sementara KD antikritik dan tidak mau direcoki BPD, sehingga kedua organ itu ribut terus.

Keempat, pola relasi yang demokratis: konsensus kolektif kuat dan kontrol BPD juga kuat. KD dan BPD biasa bertukar gagasan, BPD sering cerewet dan KD tetap terbuka. Relasi demokratis ini membuahkan konsensus dalam kebijakan desa yang progresif untuk kepentingan rakyat; yang tentu sesuai dengan sila "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan".
FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa : http://www.forumdesa.org
Versi Online : http://www.forumdesa.org/?pilih=news&aksi=lihat&id=135