FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa
Informasi :
Warga Desa dan Kader Desa
2018-07-14 09:27:09 - by : admin
Oleh: Dr. Sutoro Eko Y, Begawan/Guru Desa

Berdasarkan kategori kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan politik, saya membagi empat tipe warga desa.

Pertama, warga apatis yang bahkan mengarah warga a(anti) sosial dan a(anti) politik. Orang macam gini semau gue, tidak bermasyarakat dan berdesa, tidak peduli pada kegiatan sosial dan apalagi kegiatan politik. Mereka sibuk dengan dunianya sendiri. Orang desa kebanyakan sering menjadikan buah bibir orang asosial itu.

Kedua, warga yang kritis secara politik tetatpi tidak peduli secara sosial. Warga macam begini banyak sampaikan kritik pada desa dan pemerintah, tetapi tidak libatkan diri dalam kegiatan sosial. Karena itu orang kebanyakan sebut golongan ini sebagai orang asal bunyi atau waton suloyo, sehingga tidak disukai banyak orang, apalagi oleh elite desa.

Ketiga, relawan yakni warga desa yang aktif secara sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan berdesa. Termasuk terlibat dalam kelompok kegiatan, lembaga masyarakat maupun pembangunan desa. Mereka banyak membantu masyarakat dan desa. Mereka tidak banyak rewel dan bersuara terhadap kebijakan desa, alias antipolitik. Karena itu orang kebanyakan dan elite desa sangat suka pada relawan.

Keempat, warga aktif, yakni warga yang aktif dalam kegiatan sosial dan desa, sekaligus kritis secara politik. Mereka juga selalu memperjuangkan kepentingan masyarakat setempat agar menjadi perhatian dan kebijakan desa. Masyarakat sangat segan dan hormat pada tokoh yang aktif ini. Tetapi sebagian elite tidak suka dan cenderung menghindari tokoh aktif ini, terutama terhadap pandangannya yang terlalu kritis dan keras.

Bagaimana dengan kader desa? Sebagian besar kader masuk dalam tipe ketiga, dan sebagian kecil masuk pada tipe kee8mpat. Kader dengan sukarela terlibat dalam kegiatan bermasyarakat dan berdesa. Kalau desa pengin hebat (kuat, maju, mandiri, demokratis dan makmur), maka kehadiran warga dan kader tipe keempat yang dibutuhkan. Ini sesuai dengan Sila ke-4 Pancasila. Balai rakyat dan pendampingan lebih baik juga mengarah pada edukasi dan pengorganisasian warga aktif itu.
FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa : http://www.forumdesa.org
Versi Online : http://www.forumdesa.org/?pilih=news&aksi=lihat&id=131