FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa

Sutoro Eko: Perlu Keseriusan Dalam Pengelolaan BUMDesa

BUMDesa memang telah menjadi BUM (baca: Booming) di berbagai desa (atau istilah lainnya) di seluruh Indonesia. Banyak desa berlomba-lomba mendirikan BUMDesa tersebut, tak ketinggalan dengan kucuran dana yang besar. 

Adanya BUMDesa diharapkan bisa meningkatkan potensi desa dan bisa memakmurkan warganya. Namun dalam kenyataannya masih banyak dijumpai BUMDesa jalan di tempat karena kurang bisa memanfaatkan potensi di desa itu sendiri.

Ini menjadi perhatian serius Jaringan Komunikasi (Jarkom) Desa Kabupaten Lamongan sehingga perlu diselenggarakannya Forum Grup Discussion (FGD) di Hotel Aqilah Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jum’at (14/2/20).

“Keberadaan BUMDesa seharusnya bisa meningkatkan potensi yang ada di desa dan bermanfaat bagi masyarakat desa itu sendiri, jika BUMDesa dikelola dengan baik dan mempunyai tujuan yang jelas demi kemakmuran masyarakat Desa. Manfaat keberadaan BUMDesa bisa dirasakan masyarakatnya sehingga aset-aset utama di setiap desa bisa ditingkatkan.” ungkap Dr. H. Sutoro Eko

Usaha yang dihadirkan oleh BUMDesa terkadang kurang kreatif dan sekedar mencontoh desa lain atau sekedar biar ada secara formalitas semata. Padahal setiap desa memiliki potensi yang berbeda-beda yang menarik dikembangkan secara serius dan profesional.

“Jika dikelola dengan baik niscaya keberadaan BUMDesa bisa sebagai sosial benefit (manfaat sosial bagi warganya), maka perlu keseriusan dalam pengelolaan BUMDesa itu sendiri." (Minardi)

kirim ke teman | versi cetak

 

Minggu, 16 Februari 2020 19:37:04 - oleh : admin

Informasi "" Lainnya